Emiten Cryptocurrency, Bertukar Menghadapi Tuntutan Tindakan Kelas A.S.

NEW YORK (Reuters) – Investor telah mengajukan gugatan class action di pengadilan federal terhadap tujuh penerbit cryptocurrency dan empat bursa, mengklaim mereka menjual miliaran dolar dalam aset tidak terdaftar yang melanggar undang-undang sekuritas AS.

11 tuntutan hukum, diajukan pada hari Jumat di Pengadilan Distrik AS di Manhattan, juga menunjuk eksekutif perusahaan tersebut. Para terdakwa termasuk penerbit crypto Block.one dan Tron, dan pertukaran Binance dan BitMEX.

“Kami menyadari adanya keluhan oportunistik yang diajukan terhadap beberapa perusahaan blockchain dan cryptocurrency,” kata Block.one dalam pernyataan diemail. “Kami belum pernah dilayani dengan klaim apa pun tetapi siap untuk mengatasi apa pun yang mungkin timbul.”

BitMEX mengatakan bahwa pihaknya mengetahui gugatan tersebut dan sedang meninjau ulang, menolak berkomentar lebih lanjut. Tron dan Binance tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Tuntutan hukum tersebut menuduh penerbit dan pertukaran penjualan aset digital tanpa mendaftarkannya dengan regulator federal atau negara bagian, dan mengatakan pertukaran tersebut diuntungkan secara finansial dari daftar aset yang tidak terdaftar. Misalnya, gugatan terhadap Binance mengatakan bahwa pertukaran mengumpulkan biaya tunai dari penerbit, seringkali melebihi $ 1 juta, untuk mendaftarkan aset mereka.

Para investor mengatakan bahwa BitMEX, selain menjual sekuritas yang tidak terdaftar, juga memanipulasi pasar cryptocurrency untuk keuntungannya sendiri.

“Tidak seperti krisis hipotek yang mengarah ke Resesi Hebat, pola dugaan pelanggaran oleh bursa dan emiten menghasilkan miliaran laba bagi pelaku kesalahan melalui pengkhianatan dasar kepercayaan publik,” Philippe Selendy, mitra di firma hukum Selendy & Gay dan salah satu pengacara utama untuk para investor, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

Selendy sebelumnya adalah seorang pengacara utama yang menggugat bank atas nama pemerintah A.S. atas sekuritas yang didukung hipotek.

Block.one September lalu setuju untuk membayar denda sipil $ 24 juta untuk menyelesaikan tuduhan oleh regulator A.S. bahwa mereka menjual aset yang tidak terdaftar senilai beberapa miliar dolar dari Juni 2017 hingga Juni 2018.